Pages

Friday, 7 July 2017

RPP Kimia XI MA/SMA semester 1



RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           :  MAN RAJAGALUH.
Mata Pelajaran          :  Kimia
Kelas / Semester        :  X / 1
Alokasi Waktu           :  20 Jam Pelajaran

Standar Kompetensi: 
1.     Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul.

Kompetensi dasar     : 
1.1   Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon
1.2   Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa.
1.3  Menjelaskan proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya
1.4   Menjelaskan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni, dan estetika

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi: 
§  Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon melalui percobaan.
§  Mendeskripsikan  kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon
§  Membedakan atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner.
§  Mengelompokkan  senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan 
§  Memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.
§  Menyimpulkan hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatif dan strukturnya.
§  Menentukan  isomer struktur (kerangka, posisi, fungsi) dan isomer geometri (cis, trans)
§  Menuliskan reaksi sederhana pada senyawa  alkana, alkena, dan alkuna (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi substitusi, dan reaksi eliminasi)
§  Mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi dan gas alam.
§  Menjelaskan komponen-komponen utama penyusun minyak bumi.
§  Menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi.
§  Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya.
§  Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan.
§  Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan
§  Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang sandang dan papan.
§  Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika.

II.  Tujuan:
     Siswa dapat,
§   Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon melalui percobaan.
§   Mendeskripsikan  kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon.
§   Membedakan atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner.
§   Mengelompokkan  senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan.
§   Memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.
§   Menyimpulkan hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatif dan strukturnya.
§   Menentukan  isomer struktur (kerangka, posisi, fungsi) dan isomer geometri (cis, trans).
§   Menuliskan reaksi sederhana pada senyawa  alkana, alkena, dan alkuna (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi substitusi, dan reaksi eliminasi).
§   Mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi dan gas alam.
§   Menjelaskan komponen-komponen utama penyusun minyak bumi.
§   Menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi.
§   Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya.
§   Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan.
§   Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan.
§   Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang sandang dan papan.
§   Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

III.    Materi Ajar       : 
§    identifikasi atom C,H dan O.
§    kekhasan atom karbon.
§    atom C primer, atom C sekunder , atom C tertier, dan atom C kuarterner.
§    akana, alkena dan alkuna
§    sifat-sifat  fisik alkana, alkena dan alkuna
§    isomer
§    reaksi senyawa karbon
§    minyak bumi
§    fraksi minyak bumi
§    mutu bensin
§    Dampak pembakaran bahan bakar
§    Senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari.

IV.    Metode pendekatan:
  • Ceramah / penyampaian informasi.
  • Diskusi
  • Penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul
·        Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi unsur C, H dan O dalam senyawa karbon dalam diskusi kelompok di laboratorium
·        Merumuskan reaksi sederhana senyawa alkana, alkena dan alkuna dalam diskusi kelas.
·        keja kelompok membahas tentang eksplorasi minyak bumi, fraksi minyak bumi, mutu bensin, petrokimia, dan dampak hasil pembakaran nahan bakar.
·        Siswa dapat Mendeskrips-ikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon
·        Siswa dapat Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa.
·        Siswa dapat menjelaskan proses pembentukan dan teknilk pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya.
·        Siswa dapat menjelaskan kegunaan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, perdagangan, seni dan estetika.
V.     Skenario Pembelajaran
Kegiatan awal
  • Salam pembuka
  • Appersepsi
  • Motivasi
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  • Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon dalam diskusi kelompok di laboratorium (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Dengan menggunakan molymood mendiskusikan kekhasan atom karbon dalam diskusi kelompok di kelas (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  • Menentukan  atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner dalam diskusi kelompok di kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Dengan menggunakan molymood (dapat diganti dengan molymood buatan) mendiskusikan jenis ikatan atom karbon pada senyawa alkana, alkena dan alkuna. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Latihan tatanama. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Menganalisa data titik didih dan titik leleh senyawa karbon dalam diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Dengan menggunakan molymood menentukan isomer senyawa hidrokarbon melalui diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Merumuskan  reaksi sederhana  senyawa alkana, alkena dan alkuna dalam diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Dalam kerja kelompok  membahas tentang  eksplorasi minyak bumi, fraksi minyak bumi, mutu bensin, dan dampak hasil pembakaran bahan bakar
  • (Kunjungan ke museum atau lokasi eksplorasi minyak bumi bila terdapat di lingkungan sekolah). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Presentasi hasil kerja kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Diskusi dalam kerja kelompok untuk mengidentifikasi kegunaan senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan, sandang , papan dan dalam bidang seni dan estetika (untuk daerah-daerah penghasil minyak bumi atau yang memiliki industri petrokimia bisa diangkat sebagai bahan diskusi).(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  • Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
  • Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir
  • Menyimpulkan (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
  • Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

VI.  Alat / Bahan / Sumber Belajar : 
         Buku Kimia; LKS, multimedia.

VII.  Penilaian: PPK, Responsi

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
AZAS KEKEKALAN ENERGI DAN PERUBAHAN ENTALPI

Nama Sekolah             :  MAN Rajagaluh
Mata Pelajaran            :  Kimia
Kelas / Semester          :  XI IPA / 1
Standar Kompetensi:  2.      Memahami perubahan energi dalam reaksi kimia dan cara                                              pengukurannya.
Kompetensi dasar       :  2.1.   Mendeskripsikan perubahan entalpi suatu reaksi, reaksi                                                 eksoterm, dan reaksi endoterm.
I.  Indikator: 
Mengidentifikasi hukum/azas kekekalan energi
Membedakan sistem dan lingkungan
Menjelaskan perubahan entalpi (∆H) sebagai kalor reaksi pada tekanan tetap.
Membedakan reaksi yang melepas kalor (eksoterm) dengan reaksi yang menerima kalor (endoterm) melalui percobaan.
Menjelaskan macam-macam entalpi molar
II. Tujuan:
     Siswa dapat,
1.      Mengidentifikasi hukum/azas kekekalan energi
2.      Membedakan sistem dan lingkungan
3.      Menjelaskan perubahan entalpi (∆H) sebagai kalor reaksi pada tekanan tetap.
4.      Membedakan reaksi yang melepas kalor (eksoterm) dengan reaksi yang menerima kalor (endoterm) melalui percobaan.
5.      Menjelaskan macam-macam entalpi molar
III. Materi Ajar   : 
Azas kekekalan energi
Sistem dan lingkungan
Kalor reaksi (∆H)
Reaksi eksoterm dan endoterm
Entalpi molar
IV.   Metode pendekatan:
  • Penyampaian informasi
  • Demonstrasi
  • Diskusi
  • Penugasan
V.        Alokasi Waktu
8 Jam pelajaran
VI. Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
Azas kekekalan energi
Sistem dan lingkungan
Kalor reaksi (∆H)
Kegiatan awal
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
o   Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
o   Appersepsi / motivasi
Energi yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari berasal dari reaksi kimia.  Misalnya, untuk memasak kita gunakan energi dari pembakaran bahan bakar; untuk melakukan aktivitasnya, tubuh kita menggunakan energi dari makanan yang kita makan.  Pengetahuan ini penting sehingga kita dapat memperhitungkan kebutuhan energi kita. 
Kegiatan Inti
o   Diskusi kelas untuk membahas azas kekekalan energi sesuai dengan LKS 2.1. 
o   Melakukan demonstrasi dan diskusi kelas untuk membahas pengertian sistem dan lingkungan sesuai dengan LKS 2.2.
o   Melakukan diskusi kelas untuk membahas pengertian entalpi sesuai dengan LKS 2.3.
Kegiatan Akhir
o   Menyimpulkan kata-kata kunci:  Azas kekekalan energi, energi dalam, sistem, lingkungan, kalor, kerja, entalpi dan perubahan entalpi.
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 2.4)
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Reaksi eksoterm dan endoterm
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o   Malakukan percobaan dan diskusi kelas untuk membahas reaksi eksoterm dan endoterm sesuai dengan LKS 2.4.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan sifat-sifat reaksi eksoterm dan endoterm.
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 2.5)
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Entalpi molar
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o   Malakukan diskusi kelas untuk membahas pengertian persamaan termokimia dan berbagai macam entalpi molar sesuai dengan LKS 2.5.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan arti persamaan termokimia dan entaklpi molar pembentukan dan pembakaran.
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya.
o   Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya
Pertemuan Keempat (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Membahas soal uji kompetensi
Ulangan harian
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o   Membahas soal uji kompetensi sesuai dengan pertanyaan siswa (30 menit)
o   Ulangan harian (50 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 2.6)
VII.  Alat / Bahan / Sumber Belajar            : 
      Buku Kimia; LKS, multimedia, laboratorium.
VIII. Penilaian: PPK, Praktik, Responsi
          
                                               
Mengetahui ;                                                                                        
Kepala MAN Rajagaluh                                                                         Guru kimia




Drs. H.Ading Kusmaedi, M.Pd                                                              Satiman, S.Pd
NIP  196103221987031001                                                                        NIP 198105072005011006
























RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
HUKUM HESS
Nama Sekolah             :  MAN Rajagaluh
Mata Pelajaran            :  Kimia
Kelas / Semester          :  XI IPA / 1
Standar Kompetensi   :  2.      Memahami perubahan energi dalam reaksi kimia dan cara                                              pengukurannya.
Kompetensi dasar       :  2.2.   Menentukan DH reaksi berdasarkan percobaan, hukum Hess,                                       data perubahan entalpi pembentukan standar, dan data energi                                              ikatan.
Indikator: 
1.      Menghitung harga ∆H reaksi berdasarkan data percobaan.
2.      Menghitung ∆H reaksi dengan menggunakan diagram siklus / diagram tinglkat energi.
3.      Menghitung ∆H reaksi dengan menggunakan data entalpi pembentukan standar.
4.      Menghitung ∆H reaksi dengan menggunakan data energi ikatan.
Tujuan:
     Siswa dapat,
1.      Menentukan entalpi reaksi melalui percobaan.
2.      Menghitung entalpi reaksi berdasarkan diagram siklus /diagram tingkat energi.
3.      Menghitung entalpi reaksi berdasarkan data entalpi pembentukan standar.
4.      Menghitung entalpi reaksi berdasarkan data energi ikatan.
Materi Ajar : 
Kalorimetri
Hukum Hess
Metode pendekatan:
  • Penyampaian informasi.
  • Praktikum.
  • Diskusi
  • Penugasan
Alokasi Waktu
8 Jam pelajaran
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
Kalorimetri
Kegiatan awal
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
o   Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti
o   Melakukan percobaan dan diskusi kelas untuk menentukan kalor reaksi sesuai dengan LKS 2.5.
Kegiatan Akhir
o   Menyimpulkan cara penentuan entalpi reaksi melalui percobaan (kalorimetri).
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 2.4)
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Hukum hess,
o   Menentukan entalpi reaksi berdasarkan diagram siklus
o   Menentukan entalpi reaksi berasarkan diagram tingkat energi
o   Menentukan entalpi reaksi berdasarkan data kalor reaksi lain yang berhubungan.
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o   Malakukan diskusi kelas untuk membahas hukum Hess sesuai dengan LKS 2.6.
o   Latihan soal menentukan entalpi reaksi berdasarkan diagram siklus, diagram tingkat energi dan data kalor reaksi lain yang berhubungan sesuai dengan LKS 2.6.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan cara menentukan reaksi dengan hukum Hess.
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 2.7 dan 2.8)
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Hukum Hess:
o   Menentukan entalpi reaksi berdasarkan entalpi pembentukan
o   Menentuam entalpi reaksi berdasarkan energi ikatan.
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o   Malakukan diskusi kelas untuk membahas untuk menghitung entalpi reaksi berdasarkan data entalpi pembentukan standar sesuai dengan LKS 2.5.
o   Melakukan disusi kelas untuk menghitung entalpi reaksi berdasarkan data energi ikatan.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Menyimpulkan cara menghitung entalpi reaksi berdasarkan data entalpi pembentukan standar dan data energi ikatan.
o   Memberi tugas, yaitu mengerjakan soal uji kompetensi.
o   Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya
Pertemuan Keempat (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Membahas soal uji kompetensi
Ulangan harian
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o   Membahas soal uji kompetensi sesuai dengan pertanyaan siswa (30 menit)
o   Ulangan harian (50 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o   Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 3.1)
Alat / Bahan / Sumber Belajar         : 
Buku Kimia; LKS, multimedia, laboratorium.
Penilaian: PPK, Praktik, Responsi
          




Mengetahui ;                                                                                        
Kepala MAN Rajagaluh                                                                         Guru kimia




Drs. H.Ading Kusmaedi, M.Pd                                                              Satiman, S.Pd
NIP  196103221987031001                                                                        NIP 198105072005011006



























RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
LAJU REAKSI – 1
(KEMOLARAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI)

Nama Sekolah             :  MAN Rajagaluh
Mata Pelajaran            :  Kimia
Kelas / Semester          :  XI / 1
Standar Kompetensi   :  3.      Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-                                               faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam                                                    kehidupan sehari hari dan industri
Kompetensi dasar       :  3.1.   Mendeskripsikan pengertian laju reaksi dengan melakukan                                           percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju                                                     reaksi
Indikator: 
1.      Menghitung konsentrasi larutan (kemolaran larutan)
2.      Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (konsentrasi, luas permukaan, suhu, dan katalis) melalui percobaan.
3.      Menafsirkan grafik dari data percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
Tujuan:
     Siswa dapat,
1.      Menghitung konsentrasi larutan
2.      Membuat larutan dengan kemolaran tertentu
3.      Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (konsentrasi, suhu, luas permukaan dan katalis)
4.      Menafsirkan grafik faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
Materi Ajar : 
Kemolaran
faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
Metode pendekatan:
  • Penyampaian informasi
  • Praktikum
  • Diskusi
  • Penugasan

Alokasi Waktu
6 Jam pelajaran
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
Kemolaran
Kegiatan awal
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
o   Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti
§  Melakukan percobaan dan diskusi kelas untuk membuat larutan dengan konsentrasi tertentu sesuai dengan LKS 3.1.
Kegiatan Akhir
§  Menyimpulkan kemolaran, pengenceran dan cara membuat larutan dengan kemolaran tertentu.
§  Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 3.2)
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
o   Definisi laju reaksi
o   Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o   Membahas PR: Buku paket, Latihan 3.1 (soal latihan tentang konsentrasi) (30 menit)
o   Melakukan diskusi kelas untuk membahas definisi, cara menentukan dan menghitung laju reaksi sesuai dengan LKS 3.2 (45 menit)
o   Membahas kegiatan berikutnya, yaitu praktikum untuk memepelajari faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
o   Membagi siswa ke dalam 8 kelompok kerja:
         Kelompok 1 s.d 4 :  Pengaruh luas permukaan dan suhu
         Kelompok 5 s.d 8 : Pengaruh konsentrasi dan katalis.
Kegiatan Akhir (5 menit)
§  Menyimpulkan definisi serta cara menentukan laju reaksi.
§  Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 3.3)
§  Salam penutup.
Pertemuan Ketiga: (8 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi,
o   Pengaruh luas permukaan
o   Pengaruh konsentrasi
o   Pengaruh suhu
o   Pengaruh katalis
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o   Malakukan Percobaan dan diskusi kelas untuk membahas faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi sesuai dengan LKS 3.3.
Kegiatan Akhir (5 menit)
§  Menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
§  Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari uji kompetensi dari LKS)
§  Mengingatkan siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan Keempat: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
  • Ulangan harian.
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o   Membahas latihan (uji kompetensi) (30 menit)
o   Ulangan harian tentang laju reaksi-1 (50 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
§  Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu mengerjakan LKS 3.4.
§  Salam penutup.
Alat / Bahan / Sumber Belajar         : 
      Buku Kimia; LKS, multimedia, laboratorium.
Penilaian: PPK, Praktik, Responsi
          



Mengetahui ;                                                                                        
Kepala MAN Rajagaluh                                                                         Guru kimia




Drs. H.Ading Kusmaedi, M.Pd                                                              Satiman, S.Pd
NIP  196103221987031001                                                                        NIP 198105072005011006



                           




















RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
KESETIMBANGAN - 1
Nama Sekolah             :  MAN Rajagaluh
Mata Pelajaran            :  Kimia
Kelas / Semester          :  XI / 1
Standar Kompetensi   :  3.      Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-                                               faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam                                                    kehidupan sehari-hari dan industri
Kompetensi dasar       :  3.3.   Menjelaskan keseimbangan dan faktor-faktor yang                                                       mempengaruhi arah pergeseran keseimbangan dengan                                                           melakukan percobaan.
Indikator: 
1.      Menjelaskan kesetimbangan dinamis.
2.      Menjelaskan kesetimbangan homogen dan heterogen.
3.      Menjelaskan tetapan kesetimbangan.
4.      Menganalisis pengaruh perubahan suhu, konsentrasi, tekanan dan volum pada pergeseran kesetimbangan melalui percobaan.
5.      Meramalkan arah pergeseran kesetimbangan dengan menggunakan azas le Chate

Tujuan:
     Siswa dapat,
  1. Menjelaskan kesetimbangan dinamis.
  2. Menjelaskan kesetimbangan homogen dan heterogen.
  3. Menjelaskan tetapan kesetimbangan.
  4. Menganalisis data percobaan tentang pengaruh perubahan suhu, tekanan dan konsentrasi. tekanan dan volum pada pergeseran kesetimbangan melalui percobaan.
  5. Meramalkan arah pergeseran kesetimbangan dengan menggunakan azas Le Chatelier.
Materi Ajar : 
Reaksi dapat balik.
Keadaan kesetimbangan dinamis.
Kesetimbangan homogen dan kesetimbangan heterogen.
Tetapan kesetimbangan.
Pergeseran kesetimbangan.
Azas le Chatelier.
Metode pendekatan:
  • Penyampaian informasi.
  • Praktik / demonstrasi.
  • Diskusi
  • Penugasan

Alokasi Waktu
6 Jam Pelajaran
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
Reaksi dapat balik
Keadaan setimbang / kesetimbangan dinamis.
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
o   Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
o   Appersepsi / motivasi (ada pada LKS)
Kegiatan Inti
§  Melakukan demonstrasi dan diskusi kelas untuk menjelaskan reaksi dapat balik sesuai dengan LKS 4.1 (40 menit)
§  Melakukan demonstrasi dan diskusi kelas untuk menjelaskan keadaan kesetimbangan dinamis sesuai dengan LKS 4.2 (40 menit)
Kegiatan Akhir
§  Menyimpulkan reaksi dapat balik.
§  Menyimpulkan sifat-sifat kesetimbangan dinamis. 
§  Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 4.3)
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
1.      Kesetimbangan homogen dan kesetimbangan heterogen.
2.      Tetapan kesetimbangan.
3.      Pergeseran kesetimbangan.
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
o   appersepsi / motivasi ada pada LKS
Kegiatan Inti (80 menit)
o   Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan kesetimbangan homogen dan kesetimbangan heterogen, sesuai dengan LKS 4.3 (10 menit)
o   Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan tetapan kesetimbangan sesuai dengan LKS 4.4 (10 menit)
o   Menganalisis pengaruh suhu dan tekanan serta konsentrasi terhadap arah pergeseran kesetimbangan sesesuai dengan LKS 4.5.
o   Melakukan diskusi kelas untuk meramalkan arah pergeseran kesetimbangn berdasarkan azas Le Chatelier sesuai dengan LKS 4.6.
Kegiatan Akhir (5 menit)
§  Menyimpulkan kesetimbangan homogen dan kesetimbangan heterogen.
§  Menyimpulkan tetapan kesetimbangan.
§  Menyimpulkan pengaruh suhu, tekanan, dan konsentrasi pada arah persgeseran kesetimbangan.
§  Memberi PR, yaitu Latihan 4.2 dari buku paket.
§  Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu LKS 4.7. 
§  Salam penutup.
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
o   Azas le Chatelier.
o   Membahas soal-soal kesetimbangan (Latihan 4.2 dan 4.3 dari buku paket).
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o   Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan azas Le Chatelier, sesuai dengan LKS 4.7 (15 menit)
o   Membahas soal-soal latihan
Kegiatan Akhir (5 menit)
§  Menyimpulkan azas Le Chatelier.
§  Memberi PR, yaitu uji kompetensi Bab 4.
§  Mengingatkan siswa untuk ulngan pada pertemuan berikutnya. 
§  Salam penutup.
Pertemuan Keempat: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
  • Ulangan harian.
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o   Membahas latihan (uji kompetensi) (30 menit)
o   Ulangan harian tentang kesetimbangan-1 (50 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
5.      Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu mengerjakan LKS 4.8.
6.      Salam penutup.
Alat / Bahan / Sumber Belajar         : 
            Buku Kimia; LKS, multimedia, laboratorium.
Penilaian: PPK, Praktik, Responsi
                                               
Mengetahui ;                                                                                        
Kepala MAN Rajagaluh                                                                         Guru kimia




Drs. H.Ading Kusmaedi, M.Pd                                                              Satiman, S.Pd
NIP  196103221987031001                                                                        NIP 198105072005011006
                                               


















RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
KESETIMBANGAN - 2
Nama Sekolah             :  MAN Rajagaluh
Mata Pelajaran            :  Kimia
Kelas / Semester          :  XI / 1
Standar Kompetensi   :  3.      Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-                                               faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam                                                    kehidupan sehari-hari dan industri
Kompetensi dasar       :  3.4.   Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil                                    reaksi dari suatu reaksi keseimbangan
Indikator: 
1.        Menafsirkan data percobaan mengenai konsentrasi pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang untuk menentukan derajat disosiasi dan tetapan kesetimbangan.
2.        Menghitung harga Kc berdasarkan konsentrasi zat dalam kesetimbangan.
3.        Menentukan harga Kp berdasarkan tekanan parsoal gas pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang.
4.        Menghitung harga Kp berdasarkan harga Kc atau sebaliknya.
Tujuan:
Siswa dapat,
1.         Menafsirkan data percobaan mengenai konsentrasi pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang untuk menentukan derajat disosiasi dan tetapan kesetimbangan.
2.         Menghitung harga Kc berdasarkan konsentrasi zat dalam kesetimbangan.
3.         Menentukan harga Kp berdasarkan tekanan parsoal gas pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang.
4.         Menghitung harga Kp berdasarkan harga Kc atau sebaliknya.
Materi Ajar: 
o   Hukum kesetimbangan
o   Tetapan kesetimbangan onsentrasi (Kc)
o   Tetapan kesetimbangan tekanan (Kp)
o   Hubungan Kc dengan Kp
o   Derajad disosiasi (α)
Metode pendekatan:
  • Penyampaian informasi
  • Diskusi
  • Penugasan
Alokasi Waktu
o   4 Jam Pelajaran
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
1.      Reaksi dapat balik
2.      Keadaan setimbang / kesetimbangan dinamis.
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
o   Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
o   Appersepsi / motivasi (ada pada LKS)
Kegiatan Inti
1.      Melakukan demonstrasi dan diskusi kelas untuk menjelaskan reaksi dapat balik sesuai dengan LKS 4.1 (40 menit)
2.      Melakukan demonstrasi dan diskusi kelas untuk menjelaskan keadaan kesetimbangan dinamis sesuai dengan LKS 4.2 (40 menit)
Kegiatan Akhir
Menyimpulkan reaksi dapat balik.
Menyimpulkan sifat-sifat kesetimbangan dinamis. 
Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 4.3)
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Kesetimbangan homogen dan kesetimbangan heterogen.
Tetapan kesetimbangan.
Pergeseran kesetimbangan.
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
o   appersepsi / motivasi ada pada LKS
Kegiatan Inti (80 menit)
o   Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan kesetimbangan homogen dan kesetimbangan heterogen, sesuai dengan LKS 4.3 (10 menit)
o   Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan tetapan kesetimbangan sesuai dengan LKS 4.4 (10 menit)
o   Menganalisis pengaruh suhu dan tekanan serta konsentrasi terhadap arah pergeseran kesetimbangan sesesuai dengan LKS 4.5.
o   Melakukan diskusi kelas untuk meramalkan arah pergeseran kesetimbangn berdasarkan azas Le Chatelier sesuai dengan LKS 4.6.
Kegiatan Akhir (5 menit)
§  Menyimpulkan kesetimbangan homogen dan kesetimbangan heterogen.
§  Menyimpulkan tetapan kesetimbangan.
§  Menyimpulkan pengaruh suhu, tekanan, dan konsentrasi pada arah persgeseran kesetimbangan.
§  Memberi PR, yaitu Latihan 4.2 dari buku paket.
§  Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu LKS 4.7. 
§  Salam penutup.

Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
o   Azas le Chatelier.
o   Membahas soal-soal kesetimbangan (Latihan 4.2 dan 4.3 dari buku paket).
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o   Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan azas Le Chatelier, sesuai dengan LKS 4.7 (15 menit)
o   Membahas soal-soal latihan
Kegiatan Akhir (5 menit)
Menyimpulkan azas Le Chatelier.
Memberi PR, yaitu uji kompetensi Bab 4.
Mengingatkan siswa untuk ulngan pada pertemuan berikutnya. 
Salam penutup.
Pertemuan Keempat: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
  • Ulangan harian.
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o   Membahas latihan (uji kompetensi) (30 menit)
o   Ulangan harian tentang kesetimbangan-1 (50 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
7.      Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya, yaitu mengerjakan LKS 4.8.
8.      Salam penutup.
Alat / Bahan / Sumber Belajar         : 
      Buku Kimia; LKS, multimedia, laboratorium.
Penilaian: PPK, Praktik, Responsi
          

Mengetahui ;                                                                                        
Kepala MAN Rajagaluh                                                                         Guru kimia




Drs. H.Ading Kusmaedi, M.Pd                                                              Satiman, S.Pd
NIP  196103221987031001                                                                        NIP 198105072005011006


















RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
KESETIMBANAN - 3
Nama Sekolah             :  MAN Rajagaluh
Mata Pelajaran            :  Kimia
Kelas / Semester          :  XI / 1
Standar Kompetensi   :  3.      Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-                                               faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam                                                    kehidupan sehari-hari dan industri.
Kompetensi dasar       :  3.5.   Menjelaskan penerapan prinsip keseimbangan dalam                                                     kehidupan sehari-hari dan industri.
Indikator: 
1.   Menjelaskan kondisi optimum untuk memproduksi bahan kimia di industri yang didasarkan pada          reaksi kesetimbangan melalui diskusi.
Tujuan:
     Siswa dapat,
Menyatakan pengertian atom sebagai unit pembangun materi (teori atom dalton).
Materi Ajar : 
Pengenalan ilmu kimia
Metode pendekatan:
  • Ceramah
  • Diskusi
  • Penugasan
Alokasi Waktu : 10 JAM
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (1 jam pelajaran)
Kegiatan awal
o   Salam pembuka
o   Perkenalan
Kegiatan Inti
Pengenalan Kimia
Kegiatan Akhir
Menyimpulkan pokok kajian dalam ilmu kimia
Menyimpulkan manfaat belajar mimia
Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 1.1)
Pertemuan Kedua: (1 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5-10 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa sepintas apakah PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
o   Apersepsi:
      Diskusi singkat tentang partikel materi
      Apakah yang dimaksud dengan partikel materi?
      Apakah partikel dari
besi?                             
air?
o   Motivasi
      Dengan memahami partikel materi kita akan dapat memahami perbedaan antara materi         yang satu dari yang lainnya.
Kegiatan Inti (30 menit)
Membahas LKS 1.1 (yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya) dalam diskusi kelas.
Kegiatan Akhir (5 menit)
§  Menyimpulkan inti pembahasan/diskusi
§  Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mengerjakan LKS 1.2)
Pertemuan Ketiga: (3 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5-10 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa sepintas apakah PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
o   Apersepsi:
      Diskusi singkat tentang partikel dasar:
      Apa yang dimaksud dengan partikel sub atom?
      Bagaimana partikel tersebut ditemukan?
      Apakah teori atom Dalton masih dapat dipertahankan?
      Bagaimana perkembangan teori atom?
Motivasi:
      Dengan mempelajari penemuan partikel dasar, kita terlatih cara berpikir ilmiah yang berazaskan hubungan sebab-akibat.
      Rasa ingin tahu merupakan sumber dari segalpengetahuan.
      Jangan takut berbuat salah (para ahli pun melakukan kesalahan, tetapi melalui            kesalahan yang merekan lakukan justru  merupakan langkah pengembangan ilmu     pengetahuan).
Kegiatan Inti.
Membahas LKS 1.2 Melalui diskusi kelas.
Merangkum sifat-sifat partikel dasar
Menyimpulakn perbedaan antar atom unsur.
Membahas penemuan elektron (percobaan-percobaan dengan tabung sinar katode)
Menampilkan simulasi percobaan tets minyak Millikan
Menyimpulkan model atom Thomson.
Menampilkan simulasi percobaan Rutherford.
Menyimpulkan teori atom Ruthherford.
Membahas kelemahan model atom Rutherford.
Membahas teori atom Bohr.
Membahas kelemahan teori Bohr
Menyimpulkan teori atom mekanika kuantum (Menampilkan gambaran orbital).
Menyimpulkan perkembangan teori atom.
Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mengerjakan LKS 1.3)
Pertemuan Keempat: (1 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa sepintas apakah PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
o   Apersepsi:
      Apakah penyusun inti atom?
o   Motivasi:
      Pengetahuan tentang komposisi atom memberi pemahaman yang lebih baik tentang perbedaan atara atom unrsur.
Kegiatan Inti (35 menit)
§  Membahas LKS 1.3 melalui diskusi kelas.
§  Meminta seorang anak menjelaskan penemuan partikel penyusun inti atom.
§  Mebahas pengertian Nomor ato dan Nomor Massa
§  Latihan untuk menentukan komposisi atom dan ion
Kegiatan Akhir (5 menit)
§  Menyimpulkan partikel penyusun inti atom
§  Menyimpulkan pengertian isotop, isobar dan isoton.
§  Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mengejakar LKS 1.4)
Pertemuan Kelima: (1 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa sepintas apakah PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
Kegiatan Inti (35 menit)
  • Membahas LKS 1.4 melalui diskusi kelas.
  • Menjelaskan dengan contoh pengertian massa relatif dan massa aboslut.
  • Mebahas pengertian massa atom relatif
§  Menentukan massa atom relatif berdasarkan tabel periodik unsur.
§  Menentukan massa atom relatif berdasarkan kelimpahan isotopnya.
  • Latihan untuk menentukan massa atomrelatif melalui kelimpahan isotop.
  • Latihan menentukan massa molekul relatif
Kegiatan Akhir (5 menit)
  • Menyimpulkan pengertian massa atom relatif dan massa molekul relatif.
  • Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mengejakar LKS 1.5 dan uji kompetensi)
Pertemuan Keenam: (1 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa sepintas apakah PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
Kegiatan Inti (35 menit)
  • Membahas LKS 1.5 melalui diskusi kelas.
  • Menjelaskan pengertian konfigurasi elektron.
  • Mebahas penulisan konfigurasi elektron.
  • Membahas pengertian elektron valensi.
  • Latihan untuk menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi.
  • Membahas beberapa soal dari uji komptensi (ssuai dengan yang ditanyakan siswa)
Kegiatan Akhir (5 menit)
  • Menyimpulkan pengertian konfigurasi elekltron dan elektron valensi.
  • Mengingatkan siswa untuk ulangan harian pada pertemuan berikutnya.
  • Meminta siswa untuk berlatih soal-soal tambahan dari buku paket.
Pertemuan Ketujuh: (1 jam pelajaran)
Ulangan harian (soal dapat dilihat pada kartu soal).
Alat / Bahan / Sumber Belajar         : 
            Buku Kimia; LKS, multimedia.
Penilaian: PPK, Responsi.
          

                                                                                               
Mengetahui ;                                                                                        
Kepala MAN Rajagaluh                                                                         Guru kimia




Drs. H.Ading Kusmaedi, M.Pd                                                              Satiman, S.Pd
NIP  196103221987031001                                                                        NIP 198105072005011006



















RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
LAJU REAKSI - 2
Nama Sekolah             :  MAN Rajagaluh
Mata Pelajaran            :  Kimia
Kelas / Semester          :  XI / 1
Standar Kompetensi   :  3.      Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-                                               faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam                                                    kehidupan sehari-hari dan industri
Kompetensi dasar       :  3.2.  Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan                                             faktor-faktor penentu laju dan orde reaksi, dan terapannya                                                   dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator: 
1.      Menjelaskan pengaruh konsentrasi, luas permukaan bidang sentuh dan suhu terhadap laju reaksi berdasarkan teori tumbukan.
2.      Membedakan diagram energi potensial dari reaksi kimia dengan menggunakan katalis dan yang tidak menggunakan katalis.
3.      Menjelaskan pengertian, peranan katalis dan energi pengaktifan dengan menggunakan diagram.
4.      Menentukan orde reaksi.
5.      Menjelaskan peranan katalis dalam mahluk hidup dan industri.
Tujuan:
Siswa dapat,
1.      Menjelaskan pengaruh konsentrasi, luas permukaan bidang sentuh dan suhu terhadap laju reaksi berdasarkan teori tumbukan.
2.      Membedakan diagram energi potensial dari reaksi kimia dengan menggunakan katalis dan yang tidak menggunakan katalis.
3.      Menjelaskan pengertian, peranan katalis dan energi pengaktifan dengan menggunakan diagram.
4.      Menjelaskan peranan katalis dalam mahluk hidup dan industri.
5.      Menentukan orde reaksi.
Materi Ajar : 
Teori tumbukan
Orde reaksi
Metode pendekatan:
  • Penyampaian informasi
  • Diskusi
  • Penugasan
Alokasi Waktu
6 jam Pelajaran
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
Teori tumbukan
Kegiatan awal
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa
o   Memeriksa PR, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti
Melakukan diskusi kelas untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi berdasarkan teori tumbukan sesuai dengan LKS 3.4.
Kegiatan Akhir
Menyimpulkan teori tumbukan.
Memberi PR, yaitu Latihan 3.2 dari buku paket.
Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 3.5)
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
o   Orde reaksi
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o   Membahas PR: Buku paket, Latihan 3.1 (soal latihan tentang konsentrasi) (15 menit)
o   Melakukan diskusi kelas untuk membahas orde reaksi sesuai dengan LKS 3.5 (65 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
Menyimpulkan definisi serta cara menentukan laju reaksi.
Memberi PR, yaitu Latihan 3.3 dari buku paket serta uji kompetensi Bab 3.
mengingatkan siswa untuk ulangan harian pada pertemian berikutnya.
Salam penutup.
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Katalis dalam kehidupan dan industri.
Ulangan
Kegiatan awal (5 menit)
o   Salam pembuka
o   Memeriksa kehadiran siswa.
o   Memeriksa PR sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o   Membahas tugas siswa tentang peranan katalis dalam kehidupan dan induistri (LKS 3.6) (20 menit)
o   Ulangan harian (60 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
Menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari uji kompetensi dari LKS 4.1)
Alat / Bahan / Sumber Belajar         : 
            Buku Kimia; LKS, multimedia, laboratorium.
Penilaian: PPK, Praktik, Responsi
          
Mengetahui ;                                                                                        
Kepala MAN Rajagaluh                                                                         Guru kimia
          

No comments:

Post a Comment

Chemystry

CARA DAFTAR DIGITAL EXCHANGE

Sahabat Digitalexchange. Berikut langkah-langkah untuk membuat akun di digitalexchange • Klik dulu ⟹  di sini       maka akan tamp...

Blog super