RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MAN RAJAGALUH.
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 20 Jam Pelajaran
Standar Kompetensi:
1. Memahami
sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul.
Kompetensi dasar :
1.1 Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam
membentuk senyawa hidrokarbon
1.2 Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan
strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa.
1.3 Menjelaskan
proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta
kegunaannya
1.4 Menjelaskan kegunaan dan komposisi senyawa
hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, papan,
perdagangan, seni, dan estetika
I. Indikator Pencapaian Kompetensi:
§ Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa
karbon melalui percobaan.
§ Mendeskripsikan
kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon
§ Membedakan atom C primer, sekunder, tertier dan
kuarterner.
§ Mengelompokkan
senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan
§ Memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.
§ Menyimpulkan hubungan titik didih senyawa
hidrokarbon dengan massa molekul relatif dan strukturnya.
§
Menentukan isomer struktur (kerangka, posisi, fungsi)
dan isomer geometri (cis, trans)
§ Menuliskan reaksi sederhana pada senyawa alkana, alkena, dan alkuna (reaksi oksidasi,
reaksi adisi, reaksi substitusi, dan reaksi eliminasi)
§ Mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi dan
gas alam.
§ Menjelaskan komponen-komponen utama penyusun
minyak bumi.
§ Menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk
menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi.
§ Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan
oktannya.
§ Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar
terhadap lingkungan.
§ Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa
hidrokarbon dalam bidang pangan
§ Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa
hidrokarbon dalam bidang sandang dan papan.
§ Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon
dalam bidang seni dan estetika.
II. Tujuan:
Siswa dapat,
§ Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa
karbon melalui percobaan.
§ Mendeskripsikan
kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon.
§ Membedakan atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner.
§ Mengelompokkan
senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan.
§ Memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.
§ Menyimpulkan hubungan titik didih senyawa
hidrokarbon dengan massa molekul relatif dan strukturnya.
§ Menentukan
isomer struktur (kerangka, posisi, fungsi) dan isomer geometri (cis,
trans).
§ Menuliskan reaksi sederhana pada senyawa alkana, alkena, dan alkuna (reaksi oksidasi,
reaksi adisi, reaksi substitusi, dan reaksi eliminasi).
§ Mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi dan
gas alam.
§ Menjelaskan komponen-komponen utama penyusun
minyak bumi.
§ Menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk
menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi.
§ Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan
oktannya.
§ Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar
terhadap lingkungan.
§ Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa
hidrokarbon dalam bidang pangan.
§ Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa
hidrokarbon dalam bidang sandang dan papan.
§ Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa
hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika.
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
III. Materi
Ajar :
§ identifikasi atom C,H dan O.
§ kekhasan atom karbon.
§ atom C primer, atom C sekunder , atom C tertier,
dan atom C kuarterner.
§ akana, alkena dan alkuna
§ sifat-sifat
fisik alkana, alkena dan alkuna
§ isomer
§ reaksi senyawa karbon
§ minyak bumi
§ fraksi minyak bumi
§ mutu bensin
§ Dampak pembakaran bahan bakar
§ Senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari.
IV. Metode
pendekatan:
- Ceramah / penyampaian informasi.
- Diskusi
- Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan
senyawa makromolekul
|
·
Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi unsur C, H
dan O dalam senyawa karbon dalam diskusi kelompok di laboratorium
·
Merumuskan
reaksi sederhana senyawa alkana, alkena dan alkuna dalam diskusi kelas.
·
keja
kelompok membahas tentang eksplorasi minyak bumi, fraksi minyak bumi, mutu
bensin, petrokimia, dan dampak hasil pembakaran nahan bakar.
|
·
Siswa
dapat Mendeskrips-ikan
kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon
·
Siswa
dapat Menggolongkan senyawa
hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa.
·
Siswa
dapat menjelaskan proses pembentukan dan teknilk
pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya.
·
Siswa
dapat menjelaskan
kegunaan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan,
sandang, perdagangan, seni dan estetika.
|
V. Skenario
Pembelajaran
Kegiatan awal
- Salam pembuka
- Appersepsi
- Motivasi
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon dalam diskusi kelompok di laboratorium (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
- Dengan menggunakan molymood mendiskusikan kekhasan atom karbon dalam diskusi kelompok di kelas (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Menentukan atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner dalam diskusi kelompok di kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
- Dengan menggunakan molymood (dapat diganti dengan molymood buatan) mendiskusikan jenis ikatan atom karbon pada senyawa alkana, alkena dan alkuna. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
- Latihan tatanama. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
- Menganalisa data titik didih dan titik leleh senyawa karbon dalam diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
- Dengan menggunakan molymood menentukan isomer senyawa hidrokarbon melalui diskusi kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
- Merumuskan reaksi sederhana senyawa alkana, alkena dan alkuna dalam diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
- Dalam kerja kelompok membahas tentang eksplorasi minyak bumi, fraksi minyak bumi, mutu bensin, dan dampak hasil pembakaran bahan bakar
- (Kunjungan ke museum atau lokasi eksplorasi minyak bumi bila terdapat di lingkungan sekolah). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
- Presentasi hasil kerja kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
- Diskusi dalam kerja kelompok untuk mengidentifikasi kegunaan senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan, sandang , papan dan dalam bidang seni dan estetika (untuk daerah-daerah penghasil minyak bumi atau yang memiliki industri petrokimia bisa diangkat sebagai bahan diskusi).(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
- Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi.);
- Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan)
Kegiatan Akhir
- Menyimpulkan (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
- Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
VI. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia.
VII. Penilaian: PPK, Responsi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
AZAS KEKEKALAN ENERGI DAN PERUBAHAN ENTALPI
Nama Sekolah : MAN Rajagaluh
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI IPA / 1
Standar Kompetensi: 2. Memahami
perubahan energi dalam reaksi kimia dan cara pengukurannya.
Kompetensi
dasar : 2.1. Mendeskripsikan perubahan entalpi suatu
reaksi, reaksi eksoterm, dan reaksi endoterm.
I. Indikator:
Mengidentifikasi
hukum/azas kekekalan energi
Membedakan sistem
dan lingkungan
Menjelaskan
perubahan entalpi (∆H) sebagai kalor reaksi pada tekanan tetap.
Membedakan reaksi yang
melepas kalor (eksoterm) dengan reaksi yang menerima kalor (endoterm) melalui
percobaan.
Menjelaskan macam-macam
entalpi molar
II. Tujuan:
Siswa dapat,
1.
Mengidentifikasi hukum/azas kekekalan energi
2.
Membedakan sistem dan lingkungan
3.
Menjelaskan perubahan entalpi (∆H) sebagai
kalor reaksi pada tekanan tetap.
4.
Membedakan reaksi yang melepas kalor (eksoterm) dengan
reaksi yang menerima kalor (endoterm) melalui percobaan.
5.
Menjelaskan macam-macam entalpi molar
III. Materi Ajar :
Azas kekekalan energi
Sistem dan lingkungan
Kalor reaksi (∆H)
Reaksi eksoterm dan endoterm
Entalpi molar
IV. Metode pendekatan:
- Penyampaian informasi
- Demonstrasi
- Diskusi
- Penugasan
V.
Alokasi Waktu
8
Jam pelajaran
VI. Skenario
Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
Azas kekekalan energi
Sistem dan lingkungan
Kalor reaksi (∆H)
Kegiatan awal
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa
o
Memeriksa PR,
mencatat siswa yang tidak membuat PR.
o
Appersepsi /
motivasi
Energi yang kita gunakan dalam kehidupan
sehari-hari berasal dari reaksi kimia.
Misalnya, untuk memasak kita gunakan energi dari pembakaran bahan bakar;
untuk melakukan aktivitasnya, tubuh kita menggunakan energi dari makanan yang
kita makan. Pengetahuan ini penting
sehingga kita dapat memperhitungkan kebutuhan energi kita.
Kegiatan Inti
o
Diskusi kelas
untuk membahas azas kekekalan energi sesuai dengan LKS 2.1.
o
Melakukan
demonstrasi dan diskusi kelas untuk membahas pengertian sistem dan lingkungan
sesuai dengan LKS 2.2.
o
Melakukan
diskusi kelas untuk membahas pengertian entalpi sesuai dengan LKS 2.3.
Kegiatan Akhir
o
Menyimpulkan
kata-kata kunci: Azas kekekalan energi,
energi dalam, sistem, lingkungan, kalor, kerja, entalpi dan perubahan entalpi.
o
Memberi tugas
untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 2.4)
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Reaksi eksoterm dan endoterm
Kegiatan awal (5 menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa.
o
Memeriksa PR
sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o
Malakukan
percobaan dan diskusi kelas untuk membahas reaksi eksoterm dan endoterm sesuai
dengan LKS 2.4.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o
Menyimpulkan
sifat-sifat reaksi eksoterm dan endoterm.
o
Memberi tugas
untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 2.5)
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Entalpi molar
Kegiatan awal (5 menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa.
o
Memeriksa PR
sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o
Malakukan
diskusi kelas untuk membahas pengertian persamaan termokimia dan berbagai macam
entalpi molar sesuai dengan LKS 2.5.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o
Menyimpulkan
arti persamaan termokimia dan entaklpi molar pembentukan dan pembakaran.
o
Memberi tugas
untuk pertemuan berikutnya.
o
Mengingatkan
siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya
Pertemuan Keempat (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Membahas soal uji kompetensi
Ulangan harian
Kegiatan awal (5 menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa.
o
Memeriksa PR
sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o
Membahas soal
uji kompetensi sesuai dengan pertanyaan siswa (30 menit)
o
Ulangan
harian (50 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o
Memberi tugas
untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 2.6)
VII.
Alat / Bahan / Sumber Belajar
:
Buku
Kimia; LKS, multimedia, laboratorium.
VIII. Penilaian:
PPK, Praktik,
Responsi
Mengetahui
;
Kepala
MAN Rajagaluh Guru
kimia
Drs. H.Ading Kusmaedi, M.Pd Satiman, S.Pd
NIP 196103221987031001 NIP
198105072005011006
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
HUKUM HESS
Nama Sekolah : MAN Rajagaluh
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI IPA / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami perubahan energi dalam reaksi
kimia dan cara pengukurannya.
Kompetensi dasar : 2.2. Menentukan DH reaksi berdasarkan percobaan, hukum Hess, data perubahan entalpi pembentukan standar,
dan data energi ikatan.
Indikator:
1. Menghitung harga ∆H reaksi
berdasarkan data percobaan.
2. Menghitung ∆H reaksi dengan
menggunakan diagram siklus / diagram tinglkat energi.
3. Menghitung ∆H reaksi dengan menggunakan
data entalpi pembentukan standar.
4. Menghitung ∆H reaksi dengan
menggunakan data energi ikatan.
Tujuan:
Siswa dapat,
1.
Menentukan entalpi reaksi melalui percobaan.
2.
Menghitung entalpi reaksi berdasarkan diagram siklus /diagram tingkat
energi.
3.
Menghitung entalpi reaksi berdasarkan data entalpi pembentukan standar.
4.
Menghitung entalpi reaksi berdasarkan data energi ikatan.
Materi Ajar :
Kalorimetri
Hukum Hess
Metode pendekatan:
- Penyampaian informasi.
- Praktikum.
- Diskusi
- Penugasan
Alokasi Waktu
8 Jam pelajaran
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
Kalorimetri
Kegiatan awal
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa
o
Memeriksa PR,
mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti
o
Melakukan
percobaan dan diskusi kelas untuk menentukan kalor reaksi sesuai dengan LKS
2.5.
Kegiatan Akhir
o
Menyimpulkan
cara penentuan entalpi reaksi melalui percobaan (kalorimetri).
o
Memberi tugas
untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 2.4)
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Hukum hess,
o
Menentukan
entalpi reaksi berdasarkan diagram siklus
o
Menentukan
entalpi reaksi berasarkan diagram tingkat energi
o
Menentukan
entalpi reaksi berdasarkan data kalor reaksi lain yang berhubungan.
Kegiatan awal (5 menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa.
o
Memeriksa PR
sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o
Malakukan
diskusi kelas untuk membahas hukum Hess sesuai dengan LKS 2.6.
o
Latihan soal
menentukan entalpi reaksi berdasarkan diagram siklus, diagram tingkat energi
dan data kalor reaksi lain yang berhubungan sesuai dengan LKS 2.6.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o
Menyimpulkan
cara menentukan reaksi dengan hukum Hess.
o
Memberi tugas
untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 2.7 dan 2.8)
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Hukum Hess:
o
Menentukan
entalpi reaksi berdasarkan entalpi pembentukan
o
Menentuam
entalpi reaksi berdasarkan energi ikatan.
Kegiatan awal (5 menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa.
o
Memeriksa PR
sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o
Malakukan
diskusi kelas untuk membahas untuk menghitung entalpi reaksi berdasarkan data
entalpi pembentukan standar sesuai dengan LKS 2.5.
o
Melakukan
disusi kelas untuk menghitung entalpi reaksi berdasarkan data energi ikatan.
Kegiatan Akhir (5 menit)
o
Menyimpulkan
cara menghitung entalpi reaksi berdasarkan data entalpi pembentukan standar dan
data energi ikatan.
o
Memberi
tugas, yaitu mengerjakan soal uji kompetensi.
o
Mengingatkan
siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya
Pertemuan Keempat (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Membahas soal uji kompetensi
Ulangan harian
Kegiatan awal (5 menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa.
o
Memeriksa PR
sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o
Membahas soal
uji kompetensi sesuai dengan pertanyaan siswa (30 menit)
o
Ulangan
harian (50 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
o
Memberi tugas
untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 3.1)
Alat /
Bahan / Sumber Belajar :
Buku Kimia; LKS, multimedia, laboratorium.
Penilaian: PPK, Praktik, Responsi
Mengetahui
;
Kepala
MAN Rajagaluh Guru
kimia
Drs. H.Ading Kusmaedi, M.Pd Satiman, S.Pd
NIP 196103221987031001 NIP
198105072005011006
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
LAJU REAKSI – 1
(KEMOLARAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI)
Nama Sekolah : MAN Rajagaluh
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI / 1
Standar
Kompetensi : 3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor- faktor yang mempengaruhinya, serta
penerapannya dalam kehidupan
sehari hari dan industri
Kompetensi dasar : 3.1. Mendeskripsikan pengertian laju reaksi dengan
melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi
Indikator:
1. Menghitung konsentrasi
larutan (kemolaran larutan)
2. Menganalisis
faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (konsentrasi, luas permukaan, suhu,
dan katalis) melalui percobaan.
3. Menafsirkan grafik dari
data percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
Tujuan:
Siswa dapat,
1.
Menghitung konsentrasi larutan
2.
Membuat larutan dengan kemolaran tertentu
3.
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (konsentrasi,
suhu, luas permukaan dan katalis)
4.
Menafsirkan grafik faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
Materi Ajar :
Kemolaran
faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
Metode pendekatan:
- Penyampaian informasi
- Praktikum
- Diskusi
- Penugasan
Alokasi Waktu
6 Jam pelajaran
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
Kemolaran
Kegiatan awal
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa
o
Memeriksa PR,
mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti
§
Melakukan
percobaan dan diskusi kelas untuk membuat larutan dengan konsentrasi tertentu
sesuai dengan LKS 3.1.
Kegiatan Akhir
§
Menyimpulkan
kemolaran, pengenceran dan cara membuat larutan dengan kemolaran tertentu.
§
Memberi tugas
untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 3.2)
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
o
Definisi laju
reaksi
o
Faktor-faktor
yang mempengaruhi laju reaksi
Kegiatan awal (5 menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa.
o
Memeriksa PR
sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o
Membahas PR:
Buku paket, Latihan 3.1 (soal latihan tentang konsentrasi) (30 menit)
o
Melakukan
diskusi kelas untuk membahas definisi, cara menentukan dan menghitung laju
reaksi sesuai dengan LKS 3.2 (45 menit)
o
Membahas
kegiatan berikutnya, yaitu praktikum untuk memepelajari faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi.
o
Membagi siswa
ke dalam 8 kelompok kerja:
Kelompok 1 s.d 4 : Pengaruh luas permukaan dan suhu
Kelompok 5 s.d 8 : Pengaruh
konsentrasi dan katalis.
Kegiatan Akhir (5 menit)
§
Menyimpulkan
definisi serta cara menentukan laju reaksi.
§
Memberi tugas
untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 3.3)
§
Salam
penutup.
Pertemuan Ketiga: (8 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi,
o
Pengaruh luas
permukaan
o
Pengaruh
konsentrasi
o
Pengaruh suhu
o
Pengaruh
katalis
Kegiatan awal (5 menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa.
o
Memeriksa PR
sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o
Malakukan
Percobaan dan diskusi kelas untuk membahas faktor-faktor yang mempengaruhi laju
reaksi sesuai dengan LKS 3.3.
Kegiatan Akhir (5 menit)
§
Menyimpulkan
faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
§
Memberi tugas
untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari uji kompetensi dari LKS)
§
Mengingatkan
siswa untuk ulangan pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan Keempat: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
- Ulangan harian.
Kegiatan awal (5 menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa.
o
Memeriksa PR
sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o
Membahas
latihan (uji kompetensi) (30 menit)
o
Ulangan
harian tentang laju reaksi-1 (50 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
§
Memberi tugas
untuk pertemuan berikutnya, yaitu mengerjakan LKS 3.4.
§
Salam
penutup.
Alat /
Bahan / Sumber Belajar :
Buku
Kimia; LKS, multimedia, laboratorium.
Penilaian: PPK,
Praktik, Responsi
Mengetahui
;
Kepala
MAN Rajagaluh Guru
kimia
Drs. H.Ading Kusmaedi, M.Pd Satiman, S.Pd
NIP 196103221987031001 NIP
198105072005011006
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KESETIMBANGAN - 1
Nama Sekolah : MAN Rajagaluh
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI / 1
Standar
Kompetensi : 3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor- faktor yang mempengaruhinya, serta
penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari dan industri
Kompetensi dasar : 3.3. Menjelaskan keseimbangan dan
faktor-faktor yang mempengaruhi arah pergeseran keseimbangan
dengan melakukan
percobaan.
Indikator:
1.
Menjelaskan kesetimbangan dinamis.
2.
Menjelaskan kesetimbangan homogen dan heterogen.
3.
Menjelaskan tetapan kesetimbangan.
4.
Menganalisis pengaruh perubahan suhu,
konsentrasi, tekanan dan volum pada pergeseran kesetimbangan melalui percobaan.
5.
Meramalkan arah pergeseran kesetimbangan
dengan menggunakan azas le Chate
Tujuan:
Siswa dapat,
- Menjelaskan kesetimbangan dinamis.
- Menjelaskan kesetimbangan homogen dan heterogen.
- Menjelaskan tetapan kesetimbangan.
- Menganalisis data percobaan tentang pengaruh perubahan suhu, tekanan dan konsentrasi. tekanan dan volum pada pergeseran kesetimbangan melalui percobaan.
- Meramalkan arah pergeseran kesetimbangan dengan menggunakan azas Le Chatelier.
Materi Ajar :
Reaksi dapat balik.
Keadaan kesetimbangan dinamis.
Kesetimbangan homogen dan kesetimbangan heterogen.
Tetapan kesetimbangan.
Pergeseran kesetimbangan.
Azas le Chatelier.
Metode pendekatan:
- Penyampaian informasi.
- Praktik / demonstrasi.
- Diskusi
- Penugasan
Alokasi Waktu
6 Jam Pelajaran
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
Reaksi dapat balik
Keadaan setimbang / kesetimbangan dinamis.
Kegiatan awal (5 menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa
o
Memeriksa PR,
mencatat siswa yang tidak membuat PR.
o
Appersepsi /
motivasi (ada pada LKS)
Kegiatan Inti
§
Melakukan
demonstrasi dan diskusi kelas untuk menjelaskan reaksi dapat balik sesuai
dengan LKS 4.1 (40 menit)
§
Melakukan
demonstrasi dan diskusi kelas untuk menjelaskan keadaan kesetimbangan dinamis
sesuai dengan LKS 4.2 (40 menit)
Kegiatan Akhir
§
Menyimpulkan
reaksi dapat balik.
§
Menyimpulkan
sifat-sifat kesetimbangan dinamis.
§
Memberi tugas
untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 4.3)
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
1.
Kesetimbangan
homogen dan kesetimbangan heterogen.
2.
Tetapan
kesetimbangan.
3.
Pergeseran
kesetimbangan.
Kegiatan awal (5 menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa.
o
Memeriksa PR
sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
o
appersepsi /
motivasi ada pada LKS
Kegiatan Inti (80 menit)
o
Melakukan
diskusi kelas untuk menjelaskan kesetimbangan homogen dan kesetimbangan
heterogen, sesuai dengan LKS 4.3 (10 menit)
o
Melakukan diskusi
kelas untuk menjelaskan tetapan kesetimbangan sesuai dengan LKS 4.4 (10 menit)
o
Menganalisis
pengaruh suhu dan tekanan serta konsentrasi terhadap arah pergeseran
kesetimbangan sesesuai dengan LKS 4.5.
o
Melakukan
diskusi kelas untuk meramalkan arah pergeseran kesetimbangn berdasarkan azas Le
Chatelier sesuai dengan LKS 4.6.
Kegiatan Akhir (5 menit)
§
Menyimpulkan
kesetimbangan homogen dan kesetimbangan heterogen.
§
Menyimpulkan
tetapan kesetimbangan.
§
Menyimpulkan
pengaruh suhu, tekanan, dan konsentrasi pada arah persgeseran kesetimbangan.
§
Memberi PR,
yaitu Latihan 4.2 dari buku paket.
§
Memberi tugas
untuk pertemuan berikutnya, yaitu LKS 4.7.
§
Salam
penutup.
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
o
Azas le
Chatelier.
o
Membahas
soal-soal kesetimbangan (Latihan 4.2 dan 4.3 dari buku paket).
Kegiatan awal (5 menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa.
o
Memeriksa PR
sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o
Melakukan
diskusi kelas untuk menjelaskan azas Le Chatelier, sesuai dengan LKS 4.7 (15
menit)
o
Membahas
soal-soal latihan
Kegiatan Akhir (5 menit)
§
Menyimpulkan
azas Le Chatelier.
§
Memberi PR,
yaitu uji kompetensi Bab 4.
§
Mengingatkan
siswa untuk ulngan pada pertemuan berikutnya.
§
Salam
penutup.
Pertemuan Keempat: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
- Ulangan harian.
Kegiatan awal (5 menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa.
o
Memeriksa PR
sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o
Membahas
latihan (uji kompetensi) (30 menit)
o
Ulangan
harian tentang kesetimbangan-1 (50 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
5.
Memberi tugas
untuk pertemuan berikutnya, yaitu mengerjakan LKS 4.8.
6. Salam penutup.
Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku
Kimia; LKS, multimedia, laboratorium.
Penilaian: PPK, Praktik, Responsi
Mengetahui
;
Kepala
MAN Rajagaluh Guru
kimia
Drs. H.Ading Kusmaedi, M.Pd Satiman, S.Pd
NIP 196103221987031001 NIP
198105072005011006
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KESETIMBANGAN - 2
Nama Sekolah : MAN Rajagaluh
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI / 1
Standar Kompetensi : 3. Memahami
kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor- faktor
yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari dan industri
Kompetensi dasar : 3.4. Menentukan
hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi
dari suatu reaksi keseimbangan
Indikator:
1.
Menafsirkan data percobaan mengenai konsentrasi pereaksi dan hasil reaksi
pada keadaan setimbang untuk menentukan derajat disosiasi dan tetapan
kesetimbangan.
2.
Menghitung harga Kc
berdasarkan konsentrasi zat dalam kesetimbangan.
3.
Menentukan harga Kp
berdasarkan tekanan parsoal gas pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan
setimbang.
4.
Menghitung harga Kp
berdasarkan harga Kc atau
sebaliknya.
Tujuan:
Siswa
dapat,
1.
Menafsirkan data percobaan mengenai konsentrasi pereaksi dan hasil reaksi
pada keadaan setimbang untuk menentukan derajat disosiasi dan tetapan
kesetimbangan.
2.
Menghitung harga Kc
berdasarkan konsentrasi zat dalam kesetimbangan.
3.
Menentukan harga Kp
berdasarkan tekanan parsoal gas pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan
setimbang.
4.
Menghitung harga Kp
berdasarkan harga Kc atau
sebaliknya.
Materi Ajar:
o
Hukum
kesetimbangan
o
Tetapan kesetimbangan
onsentrasi (Kc)
o
Tetapan
kesetimbangan tekanan (Kp)
o
Hubungan Kc dengan Kp
o
Derajad
disosiasi (α)
Metode pendekatan:
- Penyampaian informasi
- Diskusi
- Penugasan
Alokasi Waktu
o
4 Jam
Pelajaran
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
1.
Reaksi dapat
balik
2.
Keadaan
setimbang / kesetimbangan dinamis.
Kegiatan awal (5 menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa
o
Memeriksa PR,
mencatat siswa yang tidak membuat PR.
o
Appersepsi /
motivasi (ada pada LKS)
Kegiatan Inti
1.
Melakukan
demonstrasi dan diskusi kelas untuk menjelaskan reaksi dapat balik sesuai
dengan LKS 4.1 (40 menit)
2.
Melakukan
demonstrasi dan diskusi kelas untuk menjelaskan keadaan kesetimbangan dinamis
sesuai dengan LKS 4.2 (40 menit)
Kegiatan Akhir
Menyimpulkan reaksi dapat balik.
Menyimpulkan sifat-sifat kesetimbangan dinamis.
Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 4.3)
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Kesetimbangan homogen dan kesetimbangan heterogen.
Tetapan kesetimbangan.
Pergeseran kesetimbangan.
Kegiatan awal (5 menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa.
o
Memeriksa PR
sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
o
appersepsi /
motivasi ada pada LKS
Kegiatan Inti (80 menit)
o
Melakukan
diskusi kelas untuk menjelaskan kesetimbangan homogen dan kesetimbangan
heterogen, sesuai dengan LKS 4.3 (10 menit)
o
Melakukan
diskusi kelas untuk menjelaskan tetapan kesetimbangan sesuai dengan LKS 4.4 (10
menit)
o
Menganalisis
pengaruh suhu dan tekanan serta konsentrasi terhadap arah pergeseran
kesetimbangan sesesuai dengan LKS 4.5.
o
Melakukan
diskusi kelas untuk meramalkan arah pergeseran kesetimbangn berdasarkan azas Le
Chatelier sesuai dengan LKS 4.6.
Kegiatan Akhir (5 menit)
§
Menyimpulkan
kesetimbangan homogen dan kesetimbangan heterogen.
§
Menyimpulkan
tetapan kesetimbangan.
§
Menyimpulkan
pengaruh suhu, tekanan, dan konsentrasi pada arah persgeseran kesetimbangan.
§
Memberi PR,
yaitu Latihan 4.2 dari buku paket.
§
Memberi tugas
untuk pertemuan berikutnya, yaitu LKS 4.7.
§
Salam penutup.
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
o
Azas le
Chatelier.
o
Membahas
soal-soal kesetimbangan (Latihan 4.2 dan 4.3 dari buku paket).
Kegiatan awal (5 menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa.
o
Memeriksa PR
sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o
Melakukan
diskusi kelas untuk menjelaskan azas Le Chatelier, sesuai dengan LKS 4.7 (15
menit)
o
Membahas
soal-soal latihan
Kegiatan Akhir (5 menit)
Menyimpulkan
azas Le Chatelier.
Memberi PR, yaitu uji kompetensi Bab 4.
Mengingatkan siswa untuk ulngan pada pertemuan berikutnya.
Salam penutup.
Pertemuan Keempat: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
- Ulangan harian.
Kegiatan awal (5 menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa.
o
Memeriksa PR
sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o
Membahas
latihan (uji kompetensi) (30 menit)
o
Ulangan
harian tentang kesetimbangan-1 (50 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
7.
Memberi tugas
untuk pertemuan berikutnya, yaitu mengerjakan LKS 4.8.
8. Salam penutup.
Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Buku
Kimia; LKS, multimedia, laboratorium.
Penilaian: PPK, Praktik, Responsi
Mengetahui
;
Kepala
MAN Rajagaluh Guru
kimia
Drs. H.Ading Kusmaedi, M.Pd Satiman, S.Pd
NIP 196103221987031001 NIP
198105072005011006
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KESETIMBANAN - 3
Nama Sekolah : MAN Rajagaluh
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI / 1
Standar
Kompetensi : 3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor- faktor yang mempengaruhinya, serta
penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari dan industri.
Kompetensi dasar : 3.5. Menjelaskan
penerapan prinsip keseimbangan dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
Indikator:
1. Menjelaskan kondisi optimum untuk memproduksi bahan kimia di
industri yang didasarkan pada reaksi
kesetimbangan melalui diskusi.
Tujuan:
Siswa dapat,
Menyatakan pengertian atom
sebagai unit pembangun materi (teori atom dalton).
Materi Ajar :
Pengenalan ilmu kimia
Metode pendekatan:
- Ceramah
- Diskusi
- Penugasan
Alokasi Waktu : 10 JAM
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (1 jam pelajaran)
Kegiatan awal
o
Salam pembuka
o
Perkenalan
Kegiatan Inti
Pengenalan
Kimia
Kegiatan Akhir
Menyimpulkan
pokok kajian dalam ilmu kimia
Menyimpulkan
manfaat belajar mimia
Memberi
tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 1.1)
Pertemuan Kedua: (1 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5-10 menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa.
o
Memeriksa
sepintas apakah PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
o
Apersepsi:
Diskusi
singkat tentang partikel materi
Apakah
yang dimaksud dengan partikel materi?
Apakah
partikel dari
besi?
air?
o
Motivasi
Dengan
memahami partikel materi kita akan dapat memahami perbedaan antara materi yang satu dari yang lainnya.
Kegiatan Inti (30 menit)
Membahas
LKS 1.1 (yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya) dalam diskusi kelas.
Kegiatan Akhir (5 menit)
§
Menyimpulkan
inti pembahasan/diskusi
§
Memberi tugas
untuk pertemuan berikutnya (Mengerjakan LKS 1.2)
Pertemuan Ketiga: (3 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5-10 menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa.
o
Memeriksa
sepintas apakah PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
o
Apersepsi:
Diskusi
singkat tentang partikel dasar:
Apa
yang dimaksud dengan partikel sub atom?
Bagaimana
partikel tersebut ditemukan?
Apakah
teori atom Dalton masih dapat dipertahankan?
Bagaimana
perkembangan teori atom?
Motivasi:
Dengan
mempelajari penemuan partikel dasar, kita terlatih cara berpikir ilmiah yang berazaskan hubungan sebab-akibat.
Rasa
ingin tahu merupakan sumber dari segalpengetahuan.
Jangan
takut berbuat salah (para ahli pun melakukan kesalahan, tetapi melalui kesalahan yang merekan lakukan
justru merupakan langkah pengembangan
ilmu pengetahuan).
Kegiatan Inti.
Membahas LKS 1.2 Melalui diskusi kelas.
Merangkum sifat-sifat partikel dasar
Menyimpulakn perbedaan antar atom unsur.
Membahas penemuan elektron (percobaan-percobaan
dengan tabung sinar katode)
Menampilkan simulasi percobaan tets minyak
Millikan
Menyimpulkan model atom Thomson.
Menampilkan simulasi percobaan Rutherford.
Menyimpulkan teori atom Ruthherford.
Membahas kelemahan model atom Rutherford.
Membahas teori atom Bohr.
Membahas kelemahan teori Bohr
Menyimpulkan teori atom mekanika kuantum
(Menampilkan gambaran orbital).
Menyimpulkan perkembangan teori atom.
Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya
(Mengerjakan LKS 1.3)
Pertemuan Keempat: (1 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5 menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa.
o
Memeriksa
sepintas apakah PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
o
Apersepsi:
Apakah
penyusun inti atom?
o
Motivasi:
Pengetahuan
tentang komposisi atom memberi pemahaman yang lebih baik tentang perbedaan
atara atom unrsur.
Kegiatan Inti (35 menit)
§
Membahas LKS
1.3 melalui diskusi kelas.
§
Meminta
seorang anak menjelaskan penemuan partikel penyusun inti atom.
§
Mebahas
pengertian Nomor ato dan Nomor Massa
§
Latihan untuk
menentukan komposisi atom dan ion
Kegiatan Akhir (5 menit)
§
Menyimpulkan
partikel penyusun inti atom
§
Menyimpulkan
pengertian isotop, isobar dan isoton.
§
Memberi tugas
untuk pertemuan berikutnya (Mengejakar LKS 1.4)
Pertemuan Kelima: (1 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5 menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa.
o
Memeriksa
sepintas apakah PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
Kegiatan Inti (35 menit)
- Membahas LKS 1.4 melalui diskusi kelas.
- Menjelaskan dengan contoh pengertian massa relatif dan massa aboslut.
- Mebahas pengertian massa atom relatif
§ Menentukan massa atom relatif
berdasarkan tabel periodik unsur.
§ Menentukan massa atom relatif
berdasarkan kelimpahan isotopnya.
- Latihan untuk menentukan massa atomrelatif melalui kelimpahan isotop.
- Latihan menentukan massa molekul relatif
Kegiatan Akhir (5 menit)
- Menyimpulkan pengertian massa atom relatif dan massa molekul relatif.
- Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mengejakar LKS 1.5 dan uji kompetensi)
Pertemuan Keenam: (1 jam pelajaran)
Kegiatan awal (5 menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa.
o
Memeriksa
sepintas apakah PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
Kegiatan Inti (35 menit)
- Membahas LKS 1.5 melalui diskusi kelas.
- Menjelaskan pengertian konfigurasi elektron.
- Mebahas penulisan konfigurasi elektron.
- Membahas pengertian elektron valensi.
- Latihan untuk menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi.
- Membahas beberapa soal dari uji komptensi (ssuai dengan yang ditanyakan siswa)
Kegiatan Akhir (5 menit)
- Menyimpulkan pengertian konfigurasi elekltron dan elektron valensi.
- Mengingatkan siswa untuk ulangan harian pada pertemuan berikutnya.
- Meminta siswa untuk berlatih soal-soal tambahan dari buku paket.
Pertemuan Ketujuh: (1 jam pelajaran)
Ulangan harian (soal dapat dilihat pada kartu soal).
Alat /
Bahan / Sumber Belajar :
Buku
Kimia; LKS, multimedia.
Penilaian: PPK,
Responsi.
Mengetahui
;
Kepala
MAN Rajagaluh Guru
kimia
Drs. H.Ading Kusmaedi, M.Pd Satiman, S.Pd
NIP 196103221987031001 NIP
198105072005011006
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
LAJU REAKSI - 2
Nama Sekolah : MAN Rajagaluh
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : XI / 1
Standar
Kompetensi : 3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor- faktor yang mempengaruhinya, serta
penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari dan industri
Kompetensi dasar : 3.2. Memahami
teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan faktor-faktor penentu laju dan orde reaksi,
dan terapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Indikator:
1.
Menjelaskan pengaruh konsentrasi, luas permukaan bidang
sentuh dan suhu terhadap laju reaksi berdasarkan teori tumbukan.
2.
Membedakan diagram energi potensial dari reaksi kimia
dengan menggunakan katalis dan yang tidak menggunakan katalis.
3.
Menjelaskan pengertian, peranan katalis dan energi
pengaktifan dengan menggunakan diagram.
4.
Menentukan orde reaksi.
5.
Menjelaskan peranan katalis dalam mahluk
hidup dan industri.
Tujuan:
Siswa dapat,
1. Menjelaskan pengaruh
konsentrasi, luas permukaan bidang sentuh dan suhu terhadap laju reaksi berdasarkan teori tumbukan.
2. Membedakan diagram energi
potensial dari reaksi kimia dengan menggunakan katalis dan yang tidak
menggunakan katalis.
3. Menjelaskan pengertian,
peranan katalis dan energi pengaktifan dengan menggunakan diagram.
4. Menjelaskan
peranan katalis dalam mahluk hidup dan industri.
5. Menentukan orde reaksi.
Materi Ajar :
Teori tumbukan
Orde reaksi
Metode pendekatan:
- Penyampaian informasi
- Diskusi
- Penugasan
Alokasi Waktu
6 jam Pelajaran
Skenario Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 jam pelajaran)
Materi ajar:
Teori tumbukan
Kegiatan awal
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa
o
Memeriksa PR,
mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti
Melakukan
diskusi kelas untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
berdasarkan teori tumbukan sesuai dengan LKS 3.4.
Kegiatan Akhir
Menyimpulkan
teori tumbukan.
Memberi PR, yaitu Latihan 3.2 dari buku paket.
Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari LKS 3.5)
Pertemuan Kedua: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
o
Orde reaksi
Kegiatan awal (5 menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa.
o
Memeriksa PR
sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o
Membahas PR:
Buku paket, Latihan 3.1 (soal latihan tentang konsentrasi) (15 menit)
o
Melakukan
diskusi kelas untuk membahas orde reaksi sesuai dengan LKS 3.5 (65 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
Menyimpulkan
definisi serta cara menentukan laju reaksi.
Memberi PR, yaitu Latihan 3.3 dari buku paket serta uji kompetensi Bab 3.
mengingatkan siswa untuk ulangan harian pada pertemian berikutnya.
Salam penutup.
Pertemuan Ketiga: (2 jam pelajaran)
Materi Ajar:
Katalis dalam kehidupan dan industri.
Ulangan
Kegiatan awal (5 menit)
o
Salam pembuka
o
Memeriksa
kehadiran siswa.
o
Memeriksa PR
sepintas, mencatat siswa yang tidak membuat PR.
Kegiatan Inti (80 menit)
o
Membahas
tugas siswa tentang peranan katalis dalam kehidupan dan induistri (LKS 3.6) (20
menit)
o
Ulangan
harian (60 menit)
Kegiatan Akhir (5 menit)
Menyimpulkan
faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (Mempelajari uji kompetensi dari
LKS 4.1)
Alat /
Bahan / Sumber Belajar :
Buku
Kimia; LKS, multimedia, laboratorium.
Penilaian: PPK,
Praktik, Responsi
Mengetahui
;
Kepala
MAN Rajagaluh Guru
kimia
No comments:
Post a Comment